Thursday, April 6, 2017

Warna tanah

Warna tanah dinyatakan dalam 3 satuan:  HUE , VALUE dan CHROMA.  Hue adalah warna spectrum yang dominan,sesuai dengan panjang gelombangnya.  Value  adalah gelap terangnya suatu warna, sesuai dengan banyaknya sinar yang dipantulkan.  Chroma adalah intensitas warna atau kekuatan dari warna spectrum. Warna tanah ini dibaca dengan menggunakan buku munsell soil tanah color chart, misalnya Hue= 7,5 YR, Value = 5  dan Chroma =4, maka Warna tanah tersebut 7,5 YR 5/4 – brown = coklat.

Meskipun hubungan langsung dengan tanaman  tidak begitu jelas, tetapi warna dapat digunakan untuk menjejaki sifat lain dari tanah yang penting.  Misalnya warna hitam  dilapisan atas. Umumnya kandungan bahan organiknya tinggi. Warna merah menunjukan tanah relative kaya akan besi, warna biru atau kelabu menunjukkan drainase yang jelek.

Derajad warna tanah dipengaruhi oleh kandunganairnya. Oleh karena itu untuk mendapat kesan warna sebenarnya harus dilihat dalam keadaan lembab.

Warna tanah hanya dapat dipakai untuk prediksi/estimasi atau taksiran dari sifat yang lain tanah, misalnya :


a.    Menaksir kandungan bahan organic, makin gelap atau makin hitam  warna tanah, maka diduga makin tinggi kandungan bahan organiknya. Tetapi pada kenyataan mungkin tidak selalu demikian, sebab banyak tanah berwarna hitam yang berasal dari batuan/ bahan induknya yang berwarna hitam.

b.    Menaksir kandungan hara tanah, misalnya : warna merah, putih dan hitam, berturut-turut akan menunjukkan kaya akan besi, kalsium dan mangan atau natrium. Sebenarnya pada kenyataan tidak selalu demikian. Misalnya warna putih tidak selalu menunjukkan kaya akan kalsium atau kapur, tetapi kaya akan kwarsa atau silica.

c.    Menilai drainase tanah, dimana warna yang lebih ceria : kemerahan, kekuningan atau yang lain, menunjukkan sifat drainase yang yang baik atau tidak tergenang, sedang warna kelabu atau yang biru pucat, baik dengan atau tanpa bintik-bintik (konkresi atau karatan) menunjukkan tanah yang sering atau selau tergenang, yakni tanah dengan drainase jelek.

d.    Dalam bidang klafisikasi, warna tanah dapat digunakan untuk menaksir derajad pelapukan atau tingkat perkembangan tanah.

Popular Posts