Tuesday, February 18, 2014

Flora di Indonesia


FLORA
   Flora sering diartikan sebagai dunia tumbuhan. Flora merupakan semua tumbuhan yang hidup di suatu daerah di masa tertentu. Sekarang saya akan menulis artikel tentang faktor yang mempengaruhi penyebaran flora dan jenis-jenis flora.


1)   Faktor-faktor yang mempengaruhi penyebaran          flora di Indonesia
        (a) Iklim, terutama pengaruh suhu udara dan curah hujan. Suhu akan berpengaruh terhadap semua jenis tumbuhan yang mampu hidup di suatu daerah. Daerah yang curah hujannya tinggi biasanya akan mempunyai jenis tanaman yang lebih beragam.
    (b) Jenis tanah, jenis tanah akan sangat berpengaruh terhadap jenis tanaman yang bisa hidup di suatu tempat. Tanah yang gersang biasanya akan ditumbuhi pohan berduri seperti kaktus dan tanah yang berlumpur cocok untuk ditanami padi.
        (c)  Relief tanah, relieh tanah sangat penting artinya terhadap berbagai variasi (panas, dingin, sejuk, basah, kering, tinggi, rendah), sehingga menimbulkan variasi tumbuhan yang hidup berdasarkan kondisi tanah yang bermacam-macam.

2)    Jenis-jenis flora
        (a)  Hutan tropis, hutan ini merupakan hutan rimba yang memiliki pepohonan yang lebat. Jenis hutan ini banyak terdapat di daerah tropis atau di daerah yang mengalami hujan sepanjang tahun. Hutan ini sering disebut hutan heterogen karena tumbuhsnnys terdiri dari berbagai jenis tumbuhan.
       (b) Hutan musim, jenis hutan ini sering disebut hutan homogen, karena hanya terdiri dari satu jenis tumbuhan. Hutan ini bercirikan gugurnya daun-daun pohon di hutan pada musim kemarau. Contoh : hutan karet, hutan pinus, hutan jati. Jenis hutan ini banyak terdapat di Indonesia tengah.
        (c) Hutan bakau, hutan ini terdiri dari banyak pohon bakau yang memiliki akar yang kuat dan saling berkaitan sehingga dapat menjadi benteng dari hantaman ombak air laut. Hutan bakau banyak tumbuh di timur pulau Sumatera, pantai Riau, dan pantap pulau Jawa.
        (d)  Stepa (padang rumput). Stepa merupakan lahan yang ditumbuhi rumput-rumput tanpa pepohonan lain.Jenis padang rumput ini biasa terdapat di daerah yang curah hujannya sedikit atau yang mengalami kemarau panjang. Daerah ini biasa digunakan untuk peternakan. Di Indonesia banyak terdapat di Sumba, Sumbawa, Flores, dan Timor.
      (e) Sabana. Sabana memiliki ciri daerah padang rumput yang luas dan diselingi semak-semak di sekitarnya. Daeah ini mengalami musim kemarau yang cukup panjang dan suhu yang panas. Di Indonesia sabana terdapat di Nusa Tenggara, Madura dan dataran tinggi Gayo (Aceh).
        (f) Padang lumut. Padang lumut terjadi karena pengaruh cuaca dingin. Daerah yang dingin biasanya banyak terdapat di puncak-puncak gunung. Untuk di Indonesia padang lumut terdapat di puncak Jaya Wijaya (Papua/Irian Jaya).

Popular Posts