Tuesday, February 18, 2014

Letak astronomis & letak geografis Indonesia


    Letak astronomis adalah letak suatu tempat didasarkan pada posisinya terhadap garis lintang dan gsris bujur. Garis lintang adalah garis khayal yang melintang dari barat ke timur atau sebaliknya (arah horizontal) dan garis bujur adalah garis khayal yangmembujur dari selatan ke utara atau sebaliknya (arah vertikal).
Berdasarkan letak astronomisnya, Indonesia terletak antara 6°08’ LU - 11°15’ LS dan 94°45’ BT - 141°05’ BT. Wilayah Indonesia paling utara adalah pulau We yang terletak pada 6°08’ LU dan paling selatan adalah pulau Rote di Nusa Tenggara Timur yang terletak pada 11°15’ LS. Wilayah Indonesia paling utara adalah pulau We di ujung utara pulau Sumatera yang terletak pada 94°45’ BT  dan paling timur adalah kota Merauke yang terletak pada 141°05’ BT.

LETAK GEOGRAFIS INDONESIA
    Letak geografis, adalah letak suatu daerah dilihat dari kenyataannya di permukaan bumi atau posisi daerah itu dari pola bumi dibandingkan dengan posisi daerah lain. Secara geografis Indonesia terletak antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dengan Samudera Pasifik.

PENGARUH LETAK GEOGRAFIS INDONESIA
Akibat dari letak Indonesia yang berada diantara 2 benua dan 2 samudera adalah sebagai berikut :
1)    Kepulauan Indonesia sangat dipenaruhi oleh laut, ini berarti :
    (a) Udaranya selalu lembab karena banyak mengandung uap air dan hujan. Keadaan tersebut menyebabkan kepulauan Indonesia mempunyai hutan-hutan yang lebat. Keadaan tersebut juga menguntungkan usaha perkebunan dan cocok untuk berbagai jenis pertanian.
        (b)  Penduduk Indonesia banyak hidup dari kekayaan laut dan bertani.
2)    Kepulauan Indonesia berada pada posisi silang, sehingga :
        (a)  Wilayah Indonesia merupakan pertemuan dari berbagai bangsa seperti kebudayaan Islam, Hindu dan lain-lain.
        (b)  Indonesia berada di persimpangan jalur perdagangan dunia yang sangat ramai, baik jalur pelayaran maupun penerbangan.
3)    Indonesia mempunyai banyak ras
                Karena Indonesia berada di antara 2 benua dan  berada di jalur perdagangan internasional Indonesia menjadi tempat migrasi orang orang dari benua lain dan menjadi tempat tinggal para pedagang yang ingin mentaap di Indonesia.

Popular Posts